Sabtu, 18 Februari 2012

Cara Pasang Video di Power Point (untuk semua platform)

Huft....
Pagi-2 sudah diserbu sama anak sekolah putih biru.
Semuanya satu suara.
Mau buat presentasi di Power Point tentang cara membuat makanan sendiri.
Mereka saling berebut, ingin paling dulu selesai. Saya dengan nada tegas berkata "satu-satu, kalo ngga ga akan beres nih semuanya"
Mereka pun dengan patuh mengikuti. Kemudian saya meminta FD yang telah berisi presentasi yang telah mereka buat sendiri di tempat masing - masing

Colokin flashdisk>cari file>klik 2 kali file tersebut.


Lha ini kan dah jadi presentasinya kata saya. > Iyah mas, tapi mau dimasukkan video di dalamnya.> Video? > Iyah, cara membuatnya, kata guru harus berserta videonya.
Hmm, Oke lah mana videonya? > Ada di HP. > Yee, kirim via blutoth.
Dikirimlah sebuah video ke komputer saya. tapi ternyata video tersebut masih berupa file. mp4. Sementara untuk memasang video di PowerPoint, file video harus berupa file berekstensi avi.
terpaksa di convert dahulu dengan menggunakan Format factory yang sudah terinstal di komputer saya.

Setelah terbuka, pertama-tama saya mengklik tab Video yang ada di sebelah kiri, kemudian mengkilk All to AVI (lihat gambar)



Setelah di klik tampil, kemudian saya klik AddFile> Cari File yang hendak di convert>OK
(lihat gambar)



Kemudian saya Klik Start> Tunggu Proses berjalan (lihat gambar)






Setelah complete> pencet F2, tempat file yang sudah di convert berada. Saya rename file video teresebut sesuai file PowerPoint-nya. Kemudian saya buka kembali PowerPoint-nya. Klik Insert> Movie> Cari file Movie tadi> Open (lihat gambar)

 Setelah di Ok akan tampil seperti gambar dibawah. klik Automatecally. dan letakkan video seseuai tempatnya.

  

dalam tampilan Powerpoint akan kelihatan gambar hitam (berbeda-beda di tiap PC).  Tidak usah takut kalau vidoenya salah. Coba saja dijalankan slideshownya. maka tampilan Video akan kelihatan. Kemudian Save pekerjaan.
Nah, sudah beres kata saya, kepada anak putih biru. Yah mas, masukkin ke CD> di Burning?> Iyah Mas.> Hmm, Oke mana CD-nya.
 
Kemudian sayapun membuka nero untuk memburning file Power Point tadi ke CD. Setelah beres. Sayapun mencoba file yang ada di CD. Kemudian mencoba slideshow. eh..eh..eh...
 
Lho kok videonya ga bisa yah? Hmmm, ternyata file Videonya tidak membaca letak dimana tadi file Video di letakkan.
Saya pun memasukan file Video ke dalam CD. Setelah itu mengulang kembali meng insert file video, hanya sekarang browse filenya saya arahkan ke CD.
Setelah Beres . Save dan burning ulang file PowerPoint tadi ke CD. Dan setelah di coba bisa diputar.

Nah sekarang dah beres. >Makasih Mas. > OK.

Maaf kalo kebanyakan cerita. Biar ga bosen bacanya :D
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya :D

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More